Searching...
SmoothGenie Clothing | Style of Your life | Desain Kaos Unik | Kaos Print DTG | Pesan Kaos Satuan | Print On Demand
[ Pasang Iklan ]
05 Januari 2015

Si Kawah Lumpur Yang Selalu Meletup

Pernah dengar tentang semburan lumpur di Sidoarjo? Kalau sudah, tentunya Anda tidak akan asing dengan sesuatu seperti itu, yakni Bledug Kuwu. Meskipun sedikit berbeda, jika lumpur Sidoarjo adalah bencana sedangkan Bledug Kuwu adalah fenomena alam yang dimanfaatkan sebagai obyek wisata yang unik. Bledug Kuwu sendiri dalam istilah bahasa jawa berarti ledakan yang berhamburan.

Bledug Kuwu adalah kubah lumpur yang luas berada di daerah Grobogan tepatnya di Desa Kuwu Kecamatan Kradeanan Purwodadi, Grobogan. Luas obyek wisata yang berupa telaga lumpur ini sendiri mencapai ±45 hektare. Uniknya lumpur yang berasal dari letupan diketahui berasa asin dan mengandung garam, padahal lokasi Bledug Kuwu sendiri sangat jauh dari kawasan laut.

Di sana Anda dapat melihat letupan yang dikeluarkan berupa cairan lumpur yang sebenarnya mengandung air dan garam dengan tinggi letupan mencapai 3 hinga 10 meter dan terus menerus meletup tiap 2-3 menit. Garam yang terkandung dalam lumpur ini juga dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk membuat garam dengan cara yang masih tradisional.

Jika berkunjung Anda juga bisa melihat proses pembuatannya. Dari mulai dialirkan dan dipisahkan dengan lumpur melalui bambu lalu proses akhirnya ialah dibiarkan menguap sampai mengkristal. Bahkan konon kabarnya, garam dari Bledug Kuwu digunakan untuk membubui semua masakan yang disajikan di Keraton Kasunanan Surakarta. Wah, seenak apa sih? Kalau Anda begitu penasaran bisa juga Anda mengetahui kelezatannya dalam masakan khas daerah Kuwu, yaitu swike yang pastinya dimasak dan dibumbui dengan garam dari Bledug Kuwu.

Obyek wisata yang dapat ditempuh 28 kilometer dari arah timur kota Purwodadi ini juga menawarkan oleh-oleh yang unik. Disekitar obyek wisata Anda akan menemui berbagai penjual oleh-oleh salah satu diantaranya yang unik adalah Anda bisa membeli lumpur khas Bledug Kuwu. Lumpur ini dikabarkan berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit dan menghaluskan kulit jika dimanfaatkan sebagai lulur. Tentunya patut Anda coba karena harganya masih ekonomis dan yang penting kandungan lumpur Bledug Kuwu kaya akan mineral.

Fenomena alam yang unik ini juga dikaitkan dengan sejarah masyarakat setempat. Bledug Kuwu menurut masyarakat setempat dipercaya sebagai petilasan Joko Linglung putra Ajisaka dari Kerajaan Medang Kamulan. Obyek wisata yang sudah ada ratusan tahun lalu ini dipercaya bahwa lubang yang menjadi pusat letupan terhubung langsung Kuwu dengan Laut selatan.

Selain lumpur dan garam khasnya yang ditawarkan untuk oleh-oleh jika berkunjung ke Bledug Kuwu, Anda juga dapat berwisata sejarah dan pengetahuan. Di sekitar obyek wisata ini terdapat beberapa penjual buku yang menerangkan asal-usul Bledug Kuwu dan mengulas tentang cerita rakyat Ajisaka yang erat kaitannya dengan tempat wisata ini.

Link Sumber : http://wisatauniknusantara.blogspot.com/2015/01/si-kawah-lumpur-yang-selalu-meletup.html
Dikirim Oleh: Moh Fadli Nizami P
Website : www.wisatauniknusantara.blogspot.com

1 comments:

  1. thanks infonya sob
    http://apotekacemaxs.com/pengobatan-tradisional-penyakit-kanker-prostat/

    BalasHapus

 
Back to top!